Jumat, 05 Oktober 2012

Tips mencari tempat PKL

Udah lama nih saya tidak membuka blog ini lagi. Udah banyak rumputnya nih blog nya (emangnya kebon, hahaha). Topik untuk saat ini yang paling seru adalah mengenai PKL. Emang sih saat ini kita belum melakukan PKL (Masih tahun lagi buat PKL), Tapi ga ada salahnya kan saya kasih tips-tips yang jitu buat temen-temen semua (Terutama untuk anak-anak Sistem Informasi dan Teknologi Informasi di UIN ataupun Fakultas Lainny, Khususnya SI A UIN JAKARTA angkatan 2011. ^_^ )


Nah, pertama kalian ingin seperti apa tempat yang ingin kalian cari di Tempat PKL itu? Ilmu, Uang, Tempat yang santai atau mungkin ingin agar ketika kita lulus tempat PKL tersebut menjadi tempat kita kerja selanjutnya? Nah untuk mendapatkan semua yang anda butuhkan tentunya membutuhkan sebuah perjuangan.  Namun tahukah anda, bahwa ada beberapa tempat PKL yang tidak mendukung penuh ketika kita sedang melakukan PKL. Seperti ketika kita masuk perusahaan swasta dan kita ingin membuat sebuah program analisis, kita pasti akan kesulitan menerima Data dan informasi perusahaan tersebut karena perusahaan swasta terkenal Protective terhadap smua asetnya (Kita ini dianggap orang luar yang tidak berhak mengakses dan mendapatkan data-data perusahaan terutama yang bersifat Private (Pribadi dan rahasia). (Sumber kakak kelas saya di UIN jurusan SI tapi saya lupa namanya. hehehe...)



Nih w kasih beberapa tips buat temen-temen atau kakak kelas yang ingin mencari tempat Magang.:
Tips Pertama ala Regaster: Tentukan tujuan kalian magang apaan. Misalnya nih kalian mau sekedar cari pengalaman kerja, atau cari nilai buat laporan magang dari kampus/sekolah, atau cuma mau sekedar isi waktu luang kalian tentu pilihan tempat magangnya akan beda. Kalo buat bikin laporan magang, tentu kalian harus cari yang bener-bener berkaitan ama pelajaran2 yang kalian pelajari di kampus/sekolah. Kalo sekedar isi waktu luang, dimana aja lah, terserah kalian. :D


Tips Kedua ala Regaster: Cari tau suasana kerja di kantor inceran kalian gimana. Gabut kah? (gabut: gaji buta, maksudnya kalian dibayar tapi kerjaannya ga jelas, ga ngapa2in di kantor), atau malah sibuk parah? Cara cari tau bisa lewat gugel, nanya orang yang pernah kerja di situ, dsb.


Tips ketiga ala RegasterLokasi kerja juga mempengaruhi. Kalo kalian misalnya magang ga dibayar tapi kantor kalian jauh banget dan ngabisin ongkos (kasian deh lo). Hehehe.. Jadi, kalo siap ga dibayar, cari yang deket rumah. Kalo kantornya jauh tapi dibayar, itu terserah kalian.


Tips keempat ala Regaster: Jangan males cari info lowongan magang. Entah di google, papan pengumuman di kampus, tanya temen, ortu atau bahkan kertas di SELOKAN atau mungkin kertas di PISPOT WC KAMPUS (Saking perlunya). Jarang info magang datang ke kalian sendiri kalo kalian juga males cari infonya.


Tips kelima ala Regaster: Malu bertanya sesat beneran. Apa maksudnya? Jadi begini, saat kerja praktek nanti kita adalah sebagai orang baru disana. Sayangnya, kita orang baru yang benar2 blank dunia baru kita tersebut. Sedangkan orang-orang lama, tentunya memilki kesibukan masing-masing, dan belum tentu bisa menyediakan waktu untuk share ilmu kepada kita. walaupun itu mungkin pimbimbing lapangan kita sendiri. Nah, disinilah kita dituntut untuk aktif bertanya tentang apa yang dilakukan oleh bapak/ibu tersebut. Biasanya mereka akan lebih mudah berbagi ilmu jika kita yang bertanya. Jadi mereka bisa tetap bekerja sambil berbagi ilmu  kepada kita.


Tips keenam ala Regaster: Aktiflah di tempat PKL anda. Justru mereka senang jika mereka bisa berbagi ilmu dengan kita. yang terpenting adalah cara kita berkomunikasi dengan baik kepada mereka.



Tips ketujuh ala Regaster: SKSD alias sok kenal sok dekat. jangan sampai kita terlihat sombong, sapa lah setiap orang yang berada di sekeliling tempat kita praktek. cobai ngatlah selalu nama-nama bapak/ibu karyawan yang ada lingkungan tempat PKL kita tersebut. Agar tak lupa catat nama mereka. Kalo lupa tanya pada teman PKL anda kalo tidak coba lihat struktur kepegawaiannya,pasti ada namanya. Hal ini penting agar kita tidak canggung jika nanti tiba-tiba diajak ngobrol berdua. Karena kalo kita ingat nama seseorang dan saat ngobrol bisa berkata misal “Pak Nanto sedang apa?” itu lebih baik daripada bilang sekedar “sedang apa pak?” Ingat manusia hakikatnya suka dianggap dan terhargai. Selain itu, syukur-syukur nanti selesai PKL kita dapet berita “Dek, kalo udah lulus mau nggak kerja disini. “ , siapa tahu kan ...


Tips kedelapan ala Regaster: Ingat sopan santun itu perlu, sapa lah bapak/ibu manager, karyawan sampai satpam, entah kenal atau gak, jika kita berpapasan. Ucapkan salam dan jabat tangan lah ketika absen pagi dan saat akan pulang. Bertanyalah dengan sopan, aktif dengan santun dan nikmati dunia kerja praktek dengan enjoy dan senyaman-nyamannya.



Tips kesembilan ala Regaster: Enjoy dan santai saja saat PKL, jangan terlalu gugup atau penakut. Dunia kerja itu sebenarnya lebih mudah daripada dunia kuliah. Yang susah itu dapetin kerjaannya. Dunia PKL gak sengeri yang kita pikirkan kok. Ada sih ilmu yang sesuai pada saat kita belajar di kampus. Namun lebih banyak yang tidak kayaknya.^^Tapi tenang saja, bapak/ibu disana siap membantu kok. Jangan takut salah atau rusak, justru disitulah kita belajar agar besok bisa menjadi benar.

Dalam hal ini saya berpengalaman (bukan pengalaman pribadi, tapi pengalaman sering denger cerita dari kakak kelas dan sepupu saya). Saya punya seekor sepupu (Maksudnya seorang sepupu). Saat ini sepupu saya lagi PKL di KAP (Kantor Akuntan Publik). Nah, di sana suasana kerjanya asik banget (katanya). Jarang banget ada auditor bisa pulang sore di saat peak season (musim sibuk perusahaan2 menyiapkan laporan akhir tahun) (katanya lagi). Temen-temen sepupu saya di KAP lain lembur terus, jam 11 malam baru pulang. Bahkan denger2 ada yang pulang jam 3 pagi (Masih katanya loh). Tapi mereka merasa enjoy karena mereka sangat akrab dengan atasannya dan atasn siap membantu jika terdapat kesulitan (Masih ingetkan? ini maish katanya loh).



Tips Terakhir dan Terpenting dari saya adalah: "Banyaklah berdoa pada Tuhan agar Kalian mendapatkan tempat kerja yang terbaik buat Kalian. Karena kita ini adalah mahluk ciptaan tuhan yang masih banyak kekurangan dan masih membutuhkan yang namanya do'a. (Saya masih ingat guru ngaji saya pernah bilang; "Senjata Para tentara perang adalah pistol, granat dan alat tempur hebat lainnya sedangkan senjata seorang muslim adalah Do'a".


So, Periksa dulu tempat yang akan kalian jadikan tempat magang. Khusus untuk anak-anak UIN Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika khususnya yang ngambil skripsinya mengenai Analisa data perusahaan dan sebagainya, harap JANGAN PKL DI PERUSAHAAN SWASTA selain ga bisa mendapatkan data mereka biasanya sangat sensitif terhadap kesalahan kalian sekecil apapun serta mereka biasannya (biasannya loh) memberi nilai hasil PKL kalian kecil kecil di bandingkan PERUSAHAAN NEGERI.







Ok, sampai di sini dulu informasi yang bisa saya kasih buat temen-temen gue, kakak kelas gue, temen SD gue, Temen SMP gue, Temen SMA gue dan gue-gue lainnya.


Mohon beri kommentar ya dan tambahkan kritik saran terutama tips supaya temen-temen lain pada tahu mengenai info lainnya ya...

9 komentar:

Unknown mengatakan...

makasi infonya .
gaya tulisannya bagus bikin pmbc nya senyum2 :D thxx

kak dolop mengatakan...

makasih mas, informasi + ceritany sngat bermanfaat sekali nih.

Unknown mengatakan...

Syukron jazakallahukhoir..

tarii mengatakan...

makasih banyak informasinya :)
sangat membantu :)

Khomarudin mengatakan...

Super sekali...thanks !!!

Unknown mengatakan...

Terimakasih kk sangat membantu

andi mengatakan...

menarik
saya si 2014 hehe

DOI mengatakan...

Thanks kak infonya

Anggi Ade Nugroho mengatakan...

PKL nya dimana, Kak? Saya dari SI UIN JKT 17 nih.

Adsense Indonesia